Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat Datang
di Blog MAN Jatiwangi

Senin, 15 Juli 2013

MOS Edukatif YES, Bullying NO !!

Tahun ajaran 2013-2014 sudah dimulai ditandai dengan Masa Orientasi Sekolah, mulai hari Rabu tanggal 10 Juli 2013 sebagian siswa baru tingkat SMP dan SMA di beberapa sekolah sudah melaksanakan MOS (Masa Orientasi Sekolah) yang merupakan kegiatan rutin di awal tahun ajaran baru.
Meskipun kurikulum baru akan dilaksanakan, ternyata MOS tahun ini hampir tidak ada perbedaannya dengan MOS tahun sebelumnya. Siswa baru masih disibukkan dengan melengkapi pernak-pernik MOS yang nyaris tidak ada hubungannya dengan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah. Mungkinkah MOS merupakan satu dari sekian banyak duplikasi kegiatan dari senior sebelumnya tanpa pengkajian ulang ?
Mendengar kata MOS satu istilah yang langsung terlintas adalah bullyingyaitu intimidasi senior terhadap sang yunior. Ups… belum-belum siswa baru sudah disuguhi wajah sangar kakak kelasnya. Yunior harus nurut kepada semua printah seniornya, kalo tidak menurut pasti dihukum.
Semoga saja MOS sekarang lebih edukatif lagi. MOS menjadi masa pengenalan siswa baru dengan lingkungan baru, menjadi saat-saat yang bisa mendekatkan yunior dengan seniornya, dan saling mengenal di antara sesama siswa baru yang memiliki latar belakang atau lingkungan yang berbeda sehingga pada saat pembelajaran dimulai siswa baru sudah tidak merasa asing lagi dengan sekolah barunya.
MOS idealnya menjadi garis Start yang penuh motivasi untuk siswa baru sehingga mereka tidak mengalami kesulitan selama menjadi siswa di sekolahnya yang baru, bukan lagi menanamkan dendam atau rasa takut yang bisa menghambatnya selama belajar. Semoga MOS bisa memperkenalkan Sekolah dan lingkungannya termasuk semua kegiatan belajar dan ekskul yang bisa diikuti siswa dan masih banyak lagi yang bisa diperkenalkan kepada siswa baru.

Selamat berkenalan dengan sekolah baru… :)

Ikuti Tulisan lain di Kompasiana

Tidak ada komentar: